Minggu, 21 Juni 2015

Kangen Emaa...

Marhaban Yaa Ramadhan 1436 H

Alhamdulillah tanggal 21 Juni 2015 , puasa ramadhan di hari ke-4 ,tak terasa ini untuk kali kedua kami menunaikan ibadah puasa berdua yah , hanya berdua tanpa Emaa. Tahun lalu kami sudah menjalaninya ,sepi
terasa tanpa kehadiran Emaa, di pikir lebih di pikir tanggal 16 Juni kemarin kami Anniversary 3th pernikahan kami , sementara kami sudah dua kali puasa dua kali lebaran tanpa kehadiran Emaa dan baru kusadari ternyata saya bersama dengan Emaa kurang lebih satu tahun lamanya , iyah sangat singkat sekali , namun memoriam tentang beliau sangatlah banyak sampai sampai saya tidak percaya kurang lebih  1 tahun lamanya hidup bersama beliau .

Kenangan tentang beliau berseliberan dalam benaku saat itu , Keseharian beliau , rutinitas sehari harinya saya kangen saat saat itu , senyumnya , tingkahnya ,sifatnya kembali seperti masa kanak kanak memberi senyuman dalam bathinku  ,semuanya saya masih ingat betul berasa sudah puluhan tahun saya mengenal beliau , apalagi bila ada ketegangan antara saya dan misua , biasanya Emaalah sang malaikat penyelamat yang mencairkan kebekuan suasana ,sekarang sudah tiada lagi yang menghangatkan rumahalhamdulillah Emaa mungkin sayang sekali dengan ku terutama anak bungsunya hehhe misua tersayang.Kami bisa dibilang jarang bersitegang kalaupun kami pernah bersitegang karena kami berusaha melakukan yang terbaik untuk Emaa begitupun sebaliknya Emaa berbuat demikian pada saya .

Sejak Emaa sakit saya berusaha menjadi anak yang berbakti sebisa mungkin sebelum berangkat kerja saya berbenah luka beliau , membersihkanya .sampai akhirnya dokter memutuskan Emaa di haruskan di rawat di RSUD Indramayu. Alhamdulillahnya sudah ada program BPJS sehingga meringankan beban biaya RSUD  biayapun dialihkan untuk yang menjaga beliau selama di RSUD.saya sedih selama beliau di rawat saya hanya sempat menemani beliau 2 hari di sela sela padatnya jadwal kerja , maaf Emaa saya mohon maaf lahir bathin 

Alhamdulillah banyak yang sayang beliau , banyak yang menjenguk beliau selama di RSUD , padahal tidak banyak yang tau Emaa masuk RSUD , baik tetangga maupun handai tolan hanya keluarga inti saja yang kami kabari keadaan beliau ,  dari kejauhan saya berusaha terus memantau keadaan beliau lewat misua yang hampir 24 jam menemani beliau .Walau tidak banyak yang selamat ,namun kami tidak putus harapan karena kami tau Emaa wanita kuat ,namun di hari ke-7 jadwal  suntik tetanus Allah berkehendak lain , Beliau menghadap Ilahi Robbi
Kalo ingat ini saya merinding sendiri , ini saja hidung saya saat itu tiba tiba mampet sebelah , padahal saat memulai catatan ini hidung saya dalam keadaan baik baik saja .

Hari itu hari Jum'at saatnya berbatik ria kerja seragam batik , tanpa pikir panjang saya mengambil baju batik favorit Emaa , semasa beliau di berikan warisan baju batik itu , beliau sangat senang ,pake , cuci , kering , pake lagi . mungkin Emaa suka dengan motifnya saya sendiri kurang tau itu . Dan hari itupun saya memakainya , saya berharap dengan memakai baju batik Emaa mengurangi rasa rinduuku .
namun malamnya ternyata saya masih rindu ... tak sengaja sebelum beranjak tidur , saya membahas Emaa dengan misua sampai mata terpejam.

Entah kenapa tahun ini saya merasa sangat merindukan beliau , Kakak -Kakakku , apakah kalian pun merindukan beliau ... misuaku ... apakah Engkau juga merasakan apa yang kurasa saat ini ?

Emaa...                                                                                

Emaa memang mertua bagi saya,
bukan ibu kandung saya,
namun sejak saya menikah dengan putra bungsunya,
which is my husband,
bagi saya mencoba untuk terus mencintai beliau.
Emaa... kami kangen ...kami rindu ... engkau sangat kurindu




Ini yang disebut dengan sayang, alam bawah sadar
saya menyatakan saya menyayanginya sampai ke dasar hati saya.Saya masih secara reflek memikirkannya layaknya orang yang benar-benar penting bagi hidup saya…namun sebesar apapun saya menyayangi beliau, saya harus menerima kenyataan,ia saat ini jauh lebih bahagia dalam peristirahatan yang damai, Selamat jalan Emaa…



 (mengenang Emaa Karsiti Binti Ketra alias Kasdem alm, 18 Desember 1943 -27 februari 2014 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar